Template by:
Free Blog Templates

Minggu, 27 Desember 2009

Belajar XHTML dan Web Standards serta mengenali seluk beluknya

Web Standards merupakan sebuah standard dalam menyusun kode-kode HTML yang baik dan terstruktur. Kebanyakan website yang ada saat ini disusun dengan kode HTML yang tidak terstruktur, hancur dan berantakan. Karena itu World Wide Web Consortium (W3C) dengan semangat membara ingin menyuruhpara pembuat website diseluruh dunia untuk menstandardkan websitenya.

XML

Anda tentu sudah tau tentang XML, yang merupakan bahasa markup seperti halnya HTML. Hanya saja XML lebih terstruktur penggunaannya, salah sedikit saja maka aplikasi-aplikasi yang dapat membaca XML akan gagal membaca file XML anda. Perbedaan antara XML dan HTML adalah: HTML didesain untuk menampilkan data sedangkan XML didesain untuk mendeskripsikan data.
Karena itu W3C mengeluarkan standard baru yang menggabungkan kekuatan HTML dan XML menjadi satu yaitu XHTML. Karena XHTML merupakan XML, maka XHTML bisa dibaca oleh semua alat yang mampu membaca XML. Dan karena XHTML juga merupakan HTML maka browser-browser kuno juga mampu membacanya.

Kenapa sih harus standard?

Ini pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang, kenapa website kita harus standard? Oke, jika kita menggunakan browser seperti IE, Firefox dan browser lainnya dikomputer tidak akan masalah walaupun kode HTML kita berantakan karena browser-browser tersebut cukup canggih dan mampu membaca kode HTML sekacau apapun. Tapi bagaimana dengan orang-orang yang masih menggunakan browser text seperti Linx? atau orang buta yang menggunakan browser Webbie atau screen reader untuk membaca website anda? Atau bagaimana dengan orang-orang yang mengakses website anda melalui Handphone, PDA atau gadget-gadget kecil lainnya. Dengan membuat website anda menjadi standard maka website anda dapat dibaca oleh semua media
Dengan bantuan CSS (Cascading Stylesheet) maka tampilan XHTML anda bisa dipercantik tanpa harus mengubah kode XHTML anda. Jadi gabungan XHTML dan CSS akan menghasilkan website maut yang kompatibel disemua media.
Satu lagi keunggulan web standard. Karena kode XHTML anda terstruktur dan tidak terlalu banyak kode (karena layout dan tampilan diatur oleh CSS) maka Search Engine dapat lebih mudah mengindeks website anda. Website anda akan lebih mudah masuk Search Engine.
Jadi? jika anda ingin beralih ke XHTML teruskan membaca, tetapi jika anda pikir ini hanya omong kosong silahkan saja klik tanda silang dikanan atas browser anda. Pilihan ada ditangan Anda :)

Deklarasikan bahwa file anda XHTML

Mungkin anda akan bertanya-tanya, berarti saya simpan filenya dengan nama index.xhtml? tidak perlu, anda gunakan saja index.html atau index.php atau lainnya. Yang penting disini adalah kita mendeklarasikan bahwa dokumen kita adalah dokumen XHTML. XHTML sendiri saat ini sudah ada 3 versi, yaitu XHTML 1.0, XHTML 1.1 dan XHTML 2.0 (dalam pengembangan). Apabila anda masih beralih dari HTML ke XHTML gunakan saja XHTML 1.0, karena XHTML 1.1 sudah banyak perubahan apalagi yang XHTML 2.0.
XHTML 1.0 sendiri dibagi menjadi 3 tipe dokumen yaitu:
  • STRICT. Puncaknya standard, gunakan ini apabila anda benar-benar menginginkan kode yang benar-benar terstruktur. Beberapa tag sudah dihilangkan disini seperti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar